Total Pageviews

Candi Tikus Majapahit Trowulan Mojokerto

Halo TRaveller.ketemu lagi dengan saya...sudah lama saya tidak update artikel di Blog ini, oke melanjutkan petualangan saya dengan pacar saya pada waktu menjelajahi kanal purba majapahit di trowulan mojokerto, kali ini saya akan membahas tentang Candi Tikus dimana candi tikus adalah salah satu dari beberapa candi yang masuk dalam kanal Purba Majapahit..yang ada di daerah trowulan yang di percaya merupakan daerah pusat kerajaan majapahit pada jaman dahulu kala.....

Papan Nama Candi Tikus


Sebelum membaca artikel ini ada baik nya kamu semua membaca portingan saya yang lain yaitu :
Nah artikel artikel diatas merupakan rentetan perjalanan saya pada saat roadshow dengan kekasih saya...ok langsung saja setelah mengunjungi kolam segaran saya langsung meluncur ke candi bajang ratu, setelah puas dengan candi bajang ratu,, kami pun meneruskan perjalanan ke Candi Tikus yang lokasi nya tidak jauh dari candi bajang ratu.



Candi Tikus terletak di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi Tikus merupakan bangunan petirtaan. Hal ini terlihat dari adanya miniature candi di tengah bangunannya yang melambagkan Gunung Mahameru, tempat para dewa bersemayam dan sumber segala kehidupan yang diwujudkan dalam bentuk air mengalir dari pancuran-pancuran yang terdapat di sepanjang kaki candi. Air ini dianggap sebagai air suci Amerta, sumber segala kehidupan.

Candi Tikus dari Samping
Candi ini semula telah terkubur dalam tanah dan ditemukan kembali pada tahun 1914. Penggalian situs pun dilakukan berdasarkan laporan Bupati Mojokerto, R.A.A. Kromojoyo Adinegoro, atas ditemukannya miniatur candi di sebuah pekuburan rakyat. Pemugaran secara menyeluruh dilakukan pada tahun 1984 sampai dengan 1985. Nama 'Tikus' hanya merupakan sebutan yang digunakan masyarakat setempat. Konon, pada saat ditemukan, tempat candi tersebut berada merupakan sarang tikus.




Fiuh, karena saya bukan seorang ahli sejarah maka cukup segitu dulu informasi yang saya berikan, informasi tersebut saya sadur dari berbagai sumber internet yang bertujuan untuk memudahkan kamu kamu yang lagi mencari informasi tentang candi tikus ini.



Informasi tiket masuk adalah sama dengan rata rata candi yang ada di kanal purba majapahit yaitu seharga tiket parkir sepeda motor dan sumbangan kebersihan sukarela....

ok sekian dulu artikel dari saya, selanjutnya saya akan menceritakan perjalanan  saya ke candi penataran Blitar yang ga kalah keren dari candi candi di mojokerto....



SEE YOU>>>>>>> :)

0 on: "Candi Tikus Majapahit Trowulan Mojokerto"